Pengertian Penerjemah Tersumpah

Pengertian Penerjemah Tersumpah

Lagi cari Pengertian Penerjemah Tersumpah? Silahkan baca artikel ini. LINGGO akan bantu berikan informasi tersebut.

Secara umum, pengertian Penerjemah Tersumpah adalah penerjemah yang telah lulus dari Ujian Kualifikasi Penerjemahan (UKP) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya (dulu Fakultas Sastra) Universitas Indonesia dengan nilai A (minimal angka 80) dan diambil sumpahnya oleh Gubernur atau Pejabat yang di tunjuk. Materi yang diujikan adalah terjemahan yang berhubungan dengan bidang hukum.

Jasa penerjemah tersumpah (sworn translator) banyak dicari terutama untuk menerjemahkan dokumen-dokumen legal seperti ijazah, akte, dan surat catatan sipil lainnya. Biasanya, pelajar dan mahasiswa menargetkan untuk dapat melanjutkan sekolah ke luar negeri seusai lulus dari sekolah ataupun perguruan tinggi. Sedangkan bagi pihak perusahaan, penerjemah tersumpah dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen perusahaan yang berkaitan dengan bisnis perusahaan, seperti kontrak kerja, perjanjian jual beli, proposal bisnis dan dokumen penting lainnya.

Hasil dari dokumen penerjemah tersumpah yaitu dokumen yang sudah dicetak dan diberi cap basah, yang menunjukkan bahwa dokumen diterjemahkan oleh seorang penerjemah tersumpah sehingga diakui di lembaga-lembaga yang berwenang, seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Nasional, Kedutaan Besar serta lembaga-lembaga resmi lainnya. Oleh karena itu, jasa dari penerjemah tersumpah banyak digunakan oleh orang atau instansi yang memang membutuhkan legalisasi dan kepastian serta kelegalan dari status si penerjemah.

Bagaimana dengan penerjemah biasa? Penerjemah biasa tidak ubahnya dengan penerjemah tersumpah, hanya saja penerjemah biasa tidak diambil sumpahnya oleh pejabat terkait. Perbedaan selanjutnya antara penerjemah tersumpah dan penerjemah biasa adalah dari hasil terjemahannya. Pada penerjemah tersumpah terdapat stempel yang sudah ditandatangani oleh institusi resmi pemerintah di setiap halamannya. Hasil dokumen yang telah diterjemahkan juga dapat dipertanggungjawabkan setelah melalui proses legalisasi dari Kementerian Luar Negeri dan juga Kementerian Hukum dan HAM. Sedangkan hasil terjemah biasa tidak demikian.

Jika Anda membutuhkan jasa Penerjemah Tersumpah yang dapat dipercaya, Silahkan hubungi LINGGO Karena kami bekerja secara tim, sehingga hasil dari penerjemahan dokumen ke dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya akan lebih baik.  LINGGO selalu memperhatikan kualitas penerjemahannya sehingga hasilnya akan terlihat lebih rapi dan akurat.

Untuk info Anda bisa mengunjungi website kami www.ling-go.net/penerjemah-profesional. Menghasilkan terjemahan yang akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *