Penerjemah Tersumpah Notaris

Penerjemah Tersumpah Notaris

Lagi cari Penerjemah Tersumpah Notaris? Kunjungi website kami www.ling-go.net/penerjemah-profesional. Menghasilkan terjemahan yang akurat.

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa selain akta notaris, ada juga surat notaris. Kedua berkas ini tentunya berbeda satu sama lain. Apa bedanya? Surat notaris sendiri merupakan berkas yang dikeluarkan oleh seorang notaris untuk keperluan administrasi, seperti cover note/surat keterangan dan laporan wasiat ke Kemenkumham.

Selanjutnya, terkait penjelasan mengenai akta terdapat dalam Pasal 1868 KUH Perdata. Berikut isi pasalnya:

“Suatu akta otentik ialah suatu akta yang dibuat dalam bentuk yang ditentukan oleh undang-undang, dibuat oleh atau di hadapan pegawai-pegawai umum yang berkuasa untuk itu di tempat di mana akta dibuatnya.”

Dikutip dari situs hukumonline.com, dijelaskan bahwa ada dua macam akta notaris, yaitu:

  1. Akta yang dibuat oleh notaris (akta relaas atau akta pejabat). Disebut juga sebagai akta berita acara. Akta ini dibuat oleh seorang notaris dan memuat uraian otentik mengenai tindakan yang dilakukan. Bisa juga berdasarkan keadaan yang disaksikan langsung oleh notaris ketika menjalankan jabatannya. Contoh akta relaas terdiri dari berita acara/risalah rapat RUPS suatu perseroan terbatas, akta pencatatan budel, dan lain-lain.
  1. Akta yang dibuat di hadapan notaris/akta pihak (akta partij). Akta yang dibuat di hadapan notaris. Isinya memuat uraian dari yang diceritakan atau dijelaskan oleh para pihak yang menghadap kepada notaris. Salah satu contoh akta ini adalah perjanjian kredit.

Pada dasarnya akta notaris merupakan dokumen yang memiliki kekuatan hukum yang kuat. Akta notaris memiliki dua fungsi utama, yakni fungsi formal dan sebagai alat pembuktian. Penerjemahan dokumen hukum membutuhkan banyak pengalaman dengan bahasa dan istilah hukum, pengetahuan mendalam akan beragam sistem hukum di berbagai negara, serta tahunan praktik dan pembelajaran. Selain itu, butuh waktu yang tidak sedikit untuk menerjemahkan dokumen hukum.

Konteks dalam dokumen hukum harus diterjemahkan secara akurat ke dalam bahasa target, karena bahkan kesalahan sekecil apapun dapat menyebabkan masalah hukum yang serius. Oleh karena itu, dibutuhkan penerjemah tersumpah notaris untuk melakukannya dengan benar.

Lalu, di manakah menemukan Penerjemah Tersumpah Notaris  terpercaya? Tidak lain solusinya adalah dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah dari LINGGO. LINGGO merupakan Layanan Terjemahan Tersumpah ditujukan sebagai wadah bagi Anda yang ingin menggunakan jasa Penerjemah Profesional (penerjemah bersertifikat dan penerjemah tersumpah), khususnya untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting. Penerjemah tersumpah LINGGO sudah disertifikasi dan hasilnya berlaku sah dimata hukum dan dapat dipertanggungjawabkan secara profesional.

LINGGO memberikan pelayanan penerjemahan berbagai jenis dokumen yang biasanya diterjemahkan secara tersumpah yaitu dokumen yang dijadikan sebagai alat hukum atau bukti dari kompetensi seseorang dan badan hukum, seperti : Akta Notaris, Akta Pendirian Usaha, Dokumen sidang peradilan, Sertifikat/ Ijasah, Bukti identitas kewarganegaraan seperti KTP, Paspor, SIM, Transkrip Nilai, Surat Perjanjian berkekuatan hukum dan dokumen penting lainnya.

Bagaimana dengan kerahasiaan dokumen? Para penerjemah tersumpah LINGGO selalu menjaga kerahasiaan dokumen, informasi ataupun data-data lainnya dan apabila diperlukan, Anda dapat menandatangani perjanjian kerahasiaan (NDA) untuk memberikan kenyamanan yang lebih kepada Anda.

Jadi jika Anda membutuhkan Penerjemah Tersumpah Notaris yang dapat dipercaya, silakan hubungi LINGGO. LINGGO mampu menghasilkan terjemahan yang akurat, jelas dan wajar dengan menggunakan kosakata dan gaya bahasa formal dan legal yang sesuai untuk dokumen hukum yang sedang diterjemahkan.

Untuk info Anda bisa kunjungi website kami www.ling-go.net/penerjemah-profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *